PMI SIAPKAN PROGRAM PERCEPATAN PENANGANAN COVID 19




Banjarnegara (22/8) -  Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Banjarnegara bersiap melakukan program Penguatan Respon COVID berbasis Masyarakat yang diperuntukkan bagi Relawan Desa atau Team Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat). 

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana mengatakan Program Penguatan Percepatan Penanganan Covid 19 Berbasis Masyarakat yang akan dilaksanakan merupakan dukungan dari PMI Pusat yang bersumber dari anggaran KOICA (Korea International Cooperation Agency). "kegiatan akan dilaksanakan di dua desa yang memiliki Team Siaga Bencana Berbasis Masyarakat aktif bentukan PMI yakni Desa Sokaraja, Kecamatan Pagentan dan Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum"  paparnya. 

Pihaknya berharap kegiatan yang akan dilaksanakan dapat bermanfaat serta mampu mengoptimalkan peran Relawan desa dalam memberikan langkah nyata dalam bersama sama pemerintah untuk mengedukasi warga dalam hal Percepatan Penanganan Penanggulangan covid 19 di Banjarnegara. 

Pemilihan dua desa tersebut bukan tanpa alasan, selain memiliki Team yang solid, kedua desa tersebut merupakan desa binaan PMI yang lolos verifikasi dari total 48 desa penerima program yang akan dilaksanakan bersamaan di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY dan Jawa Timur. 

Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara Edi Purwanto mengatakan lewat program dan kegiatan yang akan dilaksanakan diharapkan mampu memberikan efek ganda bagi Team Sibat dan Masyarakat sekitar. "Team Sibat sebagai akar rumput kader PMI di lingkungan masyarakat nantinya akan dibekali dengan berbagai materi dan ketrampilan terkait Percepatan Penanggulangan covid 19" paparnya.  Implementasi dari hasil yang akan dicapai diharapkan dapat memberikan edukasi, Sosialisasi dan promosi kepada masyarakat terkait Penanggulangan covid 19. 

Dalam melaksanakan program, PMI sebagai leading sektor bekerja sama dengan Satgas penanganan covid 19 hingga tingkat Desa,  dengan tentunya melibatkan berbagi unsur.  Lewat Sinergitas yang baik diharapkan dapat seiring sejalan dan menghasilkan output terbaik dalam mencetak kader handal pengawal protokol kesehatan sekaligus memperkuat sumber daya manusia dalam rangka Percepatan respon pandemi Covid 19. **alw

Posting Komentar

0 Komentar