SEJARAH PMI



PMI Kabupaten Banjarnegara merupakan bagian dari perhimpunan nasional Palang Merah Indonesia yang berpegang pada 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. 

Sejarah


a. Sebelum Kemerdekaan

Sejarah berdirinya Palang Merah Indonesia dimulai sejak sebelum masa kemerdekaan, yakni pada 12 Oktober 1873 Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan organisasi Palang Merah dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indie (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang. 

Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia dimulai pada 1932, dipelopori oleh dr. R. C. L Senduk dan dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Rancangan tersebut mendapat dukungan luas dari kalangan terpelajar saat itu namun ditolak pada Sidang Konferensi NERKAI tahun 1940. 

Memasuki masa kependudukan Jepang rancangan tersebut kembali diajukan, namun sekali lagi di tolak.

b. Setelah Kemerdekaan

Proses pembentukan PMI dimulai pada 3 September 1945. Saat itu Presiden Soekarno memerintahkan kepada Menteri Kesehatan RI Kabinet I yaitu dr. Boentaran agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Beliau dibantu oleh Panitia 5 yaitu: dr. R. Mochtar (ketua), dr. Bahder Djohan (penulis), dr. R.M. Djoehana Wiradikarta, dr. Marzuki dan dr. Sitanala (anggota) mempersiapkan terbentuknya Palang Merah Indonesia. 

Tepat 1 bulan sejak Kemerdekaan RI atau pada tanggal 17 September 1945 Palang Merah Indonesia terbentuk. Kini tanggal 17 September diperingati sebagai hari PMI.

Posting Komentar

0 Komentar