JUMBARA PMR MULA TAHUN 2015

Palang Merah Remaja (PMR) dituntut untuk selalu meningkaatkan kualitas. PMR merupakan ujung tombak dan pelayanan serta pembinaan generasi muda dibidang Kemanusian yang berada di pangkalan sekolah.
Hal tersebut disampaikan Bupati Sutedjo Slamet Utomo saat membuka Jumpa Bhakti dan Gembira (JUMBARA) PMR tingkat Mula PMI Kabupaten Banjarnegara belum lama ini.
Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut digelar di Komplek SMA Karangkobar dan diikuti oleh ratusan anggota PMR perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Banjarnegara.
“Pembinaan PMR adalah sebuah proses pembangunan karakter dari anggota yang tidak hanya berakhir pada keterampilan yang dimiliki anggota. Tetapi bagaimana mereka dimasa depan memiliki karakter atau akhlak yang baik, sebagai generasi yang dapat bertanggungjawab terhadap kehidupannya,” ungkapnya.
Jumbara juga memberikan kesempatan anggota PMR bertemu dengan teman–teman se Kabupaten, diharapkan dapat menjadi wahana bertukar informasi, belajar bersama, menambah pengetahuan dan keterampilan, disamping tentunya berkompetisi secara sehat sesame anggota PMR.
Ketua Panitia, Masduki Rahmat mengatakan  selain untuk meraih prestasi dan ajang bertemunya anggota PMR, Jumbara juga diharapkan mampu menjadi tolok ukur dan acuan proses pembinaan PMR dipangkalan masing masing sekolah agar kedepan bisa lebih baik lagi.
“Proses penilaian secara terbuka dan melibatkan komponen yang netral dalam semua kegiatan diharapkan menjadi modal dalam memberikan penilaian yang objektif sesuai dengan harapan seluruh peserta,“ ujarnya.
Dalam Kegiatan Jumbara tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan lomba diantaranya peragaan Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, diskusi sebaya dengan tema siaga bencana, lomba penyuluhan bahaya merokok dengan bahasa jawa, paduan suara, panggung drama kepalangmerahan, dan kreasi tong sampah.
Selain kegiatan lomba dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan beberapa kegiatan bhakti dan gembira seperti cari sahabat, jalan sehat kemanusiaan, dan panggung hiburan.
Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Setiawan mengatakan hasil pembinaan dan prestasi yang diraih dalam JUMBARA tersebut nantinya diharapkan menjadi bahan rujukan dan tolak ukur pembinaan kedepan agar rantai pembinaan PMR terus berjalan sesuai yang diharapkan.
“Tahun ini terjadi peningkatan yang signifikan untuk seluruh lomba dan hasil yang diraih peserta setiap kecamatan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa selama setahun ini terjadi peningkatan kualitas pembinaan yang dilakukan oleh para Pembina,“ ujarnya (alwan)

Posting Komentar

0 Komentar