Refresh Pertolongan Pertama


BANJARNEGARA, PMIBANJARNEGARA.OR.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) dalam fungsinya memiliki tugas dibidang kegawat-daruratan. PMI menyediakan tenaga yang memiliki kemampuan pertolongan pertama untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, ketika terjadi bencana pun PMI turut memberikan bantuan pertolongan pertama yang sangat terasa penting.

Pertolongan pertama merupakan upaya pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera / kecelakaan yang membutuhkan penanganan medis dasar.

Medis dasar yaitu tindakan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh awam atau awam terlatih secara khusus dengan batasan sesuai kualifikasi pelaku pertolongan pertama.

Pelaku Pertolongan Pertama (PP) adalah penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian dan memiliki kemampuan medis dasar. Pertolongan pertama ini memiliki 3 tujuan, yaitu:
a. Menyelamatkan jiwa penderita
b. Mencegah cacat
c. Memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan

Kemampuan memberikan PP ini merupakan dasar bagi seorang sukarelawan di PMI sebelum terjun ke lapangan. Tentunya setelah memahami 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.


Posting Komentar

0 Komentar