PMI BANGUN RESERVOIR
-          Aplikasi program Water Sanitation and Hygine
PMI Banjarnegara  mulai membangun Reservoir atau tempat penampungan air bersih untuk warga di dusun Wringin, Desa Purwodadi Kecamatan Karangkobar. langkah tersebut merupakan salah satu aplikasi dari pelaksanaan program Water Sanitation and Hygine (WASH) yang merupakan proyek kerja sama dengan Korean Red Cros. Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, titik berat program WASH ini adalah project dalam rangka membantu pemerintah dalam bidang sanitasi dan akses jamban sehat. “ program ini kami laksanakan di dua desa sebagai pilot project yakni desa sirukem kecamatan Kalibening dan desa Purwodadi kecamatan Karangkobar, dimana pemilihan kedua lokasi tersebut sudah melalui survey dan data kepemilikan serta akses jamban yang masih minim menurut data Dinas Kesehatan “ ujarnya. Dalam program tersebut pihaknya menargetkan seribu lima ratus penerima manfaat dalam tiga tahun. Diharapkan nantinya warga di kedua wilayah sasaran mempunyai akses jamban sehat dan kualitas sanitasi yang baik sesuai dengan standarisasi kesehatan.
Sementara itu Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara Edi Purwanto mengatakan, dalam Program WASH ini pihaknya menerapkan metode PHAST (participatory hygine and sanitation transformation) dimana didalamnya terdapat tujuh tahapan yang kesemuanya melibatkan masyarakat secara langsung. "Dengan metode tersebut seluruh element dan lapisan masyarakat mulai dari anak anak, dewasa dan orang tua diajak untuk berperan secara aktif dengan cara pendekatan hingga pemecahan masalah hingga solusi terbaik yang harus diambil “ paparnya. Ketujuh tahapan tersebut diantaranya identifikasi masalah, analisa, perencanaan untuk solusi, pemilihan opsi, perencanaan fasilitas, pemantauan dan evaluasi serta pemantauan partisipasi.
Meski tergolong rumit dan terkesan bertele tele, namun secara tidak langsung dengan metode tersebut masyarakat diajak untuk aktif mengemukakan pendapat, masukan dan saran lewat beberapa langkah sosialisasi hingga pendidikan personal dan kelompok.
Antusias
Koordinator lapangan Project WASH PMI Banjarnegara Hery Yulianto mengatakan, dari dua desa yang menjadi sasaran project, saat ini didesa Sirukem Kecamatan Kalibening telah selesai melaksanakan rangkaian sosialisasi dan edukasi masyarakat, semantara itu dilokasi lain yakni didusun Wringin Desa Purwodadi Karangkobar, saat ini telah memasuki proses pembangunan reservoir penampungan air untuk kebutuhan akses sanitasi dan air bersih masyarakat. “Kami menargetkan maksimal dalam satu bulan ini, proses pembangunan telah rampung hingga instalasi ke seluruh rumah warga “ paparnya.
Dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi dengan didasari semangat kedepan untuk lebih baik dalam hal pemenuhan akses sanitasi dan jamban sehat, diharapkan kedepan program ini akan terus berlanjut dan dapat diaplikasikan oleh masyarakat, sehingga informasi, sosialisasi dan manfaat fasilitas yang diberikan akan dapat dipergunakan dalam jangka waktu panjang untuk dinikmati menuju masyarakat yang bersih dan sehat. (alwan)


Posting Komentar

0 Komentar