PENGOBATAN DAN KONSULTASI KESEHATAN GRATIS DISERBU WARGA

Masyarakat seputaran kota Banjarnegara antusias mengikuti pengobatan dan konsultasi gratis yang digelar  oleh RSUD Hj.Anna Lasmanah Soemitrokolopaking yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan yang diselenggarakan bersamaan dengan perayaan hari Disabilitas nasional tersebut digelar di komplek alun alun Kota pada Minggu pagi kemarin.
Direktur RSU Hj.Anna Lasmanah Soemitrokolopaking yang sekaligus Ketua Bidang Pelayanan sosial dan kesehatan Masyarakat PMI Agung Budianto mengatakan, kegiatan pengobatan dan konsultasi gratis bagi masyarakat tersebut diselenggarakan sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat dalam hal kesehatan. “ selain pelayanan diinternal atau didalam Rumah Sakit, kami juga berupaya untuk memberikan servis yang exelent kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan external “ ungkapnya. Lebih jauh dia menjelaskan, kedepan berbagai aksi dan kegiatan serupa akan terus digelar di berbagai wilayah seperti yang sebelumnya telah dilakukan yakni di desa kalisat dan kalitengah yang juga bekerja sama dengan PMI.
Sementara itu Dari hasil kegiatan tersebut tercatat 136 masyarakat memeriksakan kesehatan dan berkonsultasi seputar masalah keluhan dan berbagai persoalan kesehatan. Koordinator Yankes PMI Kunarto mengatakan, mayoritas masyarakat yang merkonsultasi dan memeriksakan kesehatannya mengeluh tentang perubahan cuaca yang berdampak pada berbagai penyakit seperti batuk, pilek, gatal gatal, dan infeksi kulit serta demam dan panas dingin, tak sedikit juga dari pengunjung yang hanya sekedar Tensi atau ingin mengetahui tekanan darah. “banyak dari mereka yang memang sudah berusia lanjut, namun tak sedikit juga yang masih remaja dan mengeluhkan tentang gejala pernafasan atau ispha” paparnya.
Pelayanan Terpadu
Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, peningkatan pelayanan kepada masyarakat baik dibidang kesiapsiagaan bencana maupun kesehatan masyarakat dan layanan lainnya akan terus ditingkatkan dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak. “tahun ini kolaborasi kegiatan serupa kita laksanakan diberbagai wilayah yang bekerja sama dengan fihak fihak lain yang peduli, baik dibidang kesiapsiagaan bencana maupun pelayanan kesehatan masyarakat “ ujarnya. langkah tersebut merupakan salah satu komitmen dan tujuan awal yang dirumuskan sesuai hasil Muscab awal tahun lalu yakni pengabdian dan totalitas tanpa batas untuk kemanusiaan.
Diharapkan dengan langkah tersebut keberadaan PMI akan semain eksis dan selau ada ditengah masyarakat yang membutuhkan, terlebih dalam keadaan darurat atau situasi urgent lainnya, selain itu, langkah tersebut juga sebagai bagian dari upaya transparasi dan bentuk pertanggung jawaban PMI terhadap sumbangsih masyarakat yang telah disalurkan melalui Bulan Dana PMI.(alwan)

Posting Komentar

0 Komentar