RAMADHAN DAN JELANG LEBARAN STOCK DARAH AMAN








RAMADHAN DAN JELANG LEBARAN STOCK DARAH AMAN

Stock atau persediaan darah di PMI Banjarnegara selama ramadhan dan jelang lebaran dipastikan aman. Direktur Unit Doroh Darah PMI Banjarnegara, Agus Budi Susanto mengatakan, berbagai upaya antisipasi telah dilakukan pada sepekan jelang ramadhan untuk menjaga stock darah untuk berbagai golongan selalu dalam label hijau atau aman. “ kami melakukan penjadwalan ulang untuk kelompok kelompok donor darah sukarela yang tersebar diberbagai wilayah selama satu bulan ini untuk mengantisipasi ketersediaan darah di laboratorium PMI “ ujarnya. Langkah tersebut terbukti efektif untuk menjaga keberlangsungan darah yang dibutuhkan selama Bulan ramadhan.
Lebih jauh dia menjelaskan, meski permintaan selama ramadhan ini tergolong relative biasa dan tidak terjadi peningkatan secara signifikan, namun pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi membludaknya permintaan darah terutama mendekati hari raya idul fitri. Berkaca dari pengalaman beberapa tahun kemarin, permintaan darah mendekati lebaran terjadi lonjakan yang sangat tajam. “ trend kenaikan permintaan jelang lebaran hampir selalu terjadi setiap tahun, untuk itu formula jitu dan perhitungan sistematis telah dilakukan agar pelayanan yang diberikan nantinya tetap optimal terutama jika dalam keadaan gawat darurat “ terangnya.
Donor darah Malam Hari
Untuk mengantisipasi ketersediaan darah yang ada di laboratorium, selama bulan ramadhan ini dilakukan rolling pelaksanaan mobile unit donor darah yang biasanya dilakukan siang hari diubah menjadi malam hari. Hal tersebut telah dikondisikan dengan seluruh kelompok donor yang ada seperti yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir ini. “ beberapa kelompok donor seperti diwilayah pesantren wanayasa, MTA banjarmangu, Sekber PA dan lainnya hingga saat ini masih aktif melakukan donor darah malam hari ba’da sholat tarawih “ ujarnya. Selain itu sebagai wujud solidaritas sesama, kelompok donor umat kristiani dan katolik juga secara rutin terus menyumbangkan darahnya selama bulan puasa.
“ meski sedang melaksanakan ibadah puasa, pada hakekatnya tidak berpengaruh jika mau melakukan donor darah, sepanjang dalam kondisi sehat dan memenuhi check medis, justru dengan berdonor akan lebih meningkatkan metabolisme dalam merangsang pembentukan sel sel darah yang baru “ paparnya.  (alwan_humas)

Posting Komentar

0 Komentar