Memahami Perbedaan Donor Aferesis dan Whole Blood

BANJARNEGARA, PMIBANJARNEGARA.OR.ID - Donor darah tentu kita sudah tidak asing lagi, yaitu proses memberikan darah kita kepada orang lain untuk membantu mereka yang kekurangan darah akibat kecelakaan, anemia, cuci darah maupun usai melahirkan. Donor darah dilakukan setiap tiga bulan sekali atau paling cepat 2,5 bulan sekali dan dapat dilakukan selama 4 dalam setahun selama kondisi tubuh sehat.

Donor darah lengkap (whole blood) )yang biasa kita lakukan tentu berbeda dengan donor yang hanya mengambil salah satu komponen darah dalam tubuh kita. Proses pengambilan darah ini disebut dengan donor aferesis. Biasanya mereka yang donor darah aferesis diperuntukkan bagi penderita demam berdarah yang kekurangan trombosit dalam jumlah besar.

Memang tidak semua UDD PMI baik di tingkat propinsi maupun kabupaten memiliki mesin pengelola darah tersebut, karena harganya yang berkisar 1 miliar rupiah bahkan lebih. Oleh karenanya hanya di beberapa UDD PMI tertentu saja yang bisa melayani donor aferesis.

Proses pengambilan donor darah aferesis memerlukan waktu 90 – 120 menit sedangkan pengambilan darah lengkap hanya 10 menit maksimal. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti pengolahan darah aferesis ini sebesar Rp 3,500,000 per kantong trombosit sekitar 300 platelet. Biaya untuk penggantian whole blood saat ini Rp 350,000 di seluruh daerah di Indonesia.

Kapasitas pengambilan trombosit dari aferesis ini bisa mencapai 300ml dan jika melalui whole blood diperlukan sampai 10 pendonor. Penggunaannya tentu berbeda karena whole blood lebih diperuntukkan pada kasus darurat macam korban kecelakaan dan ibu pasca melahirkan, sedangkan aferesis ini lebih banyak pada kasus malaria

Syarat yang diperlukan untuk menjadi pendonor darah aferesis adalah tidak boleh mengkonsumsi obat yang mengandung aspirin maksimal 48 jam terakhir, berat badan minimal 50/60kg. Perlu diketahui bahwa donor darah aferesis dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali, karena trombosit dalam tubuh kita bisa pulih dalam hitungan jam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan meningkatkan kesadaran untuk berbagi dengan darah yang dimiliki.

Posting Komentar

0 Komentar