Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PKU Muhammadiyah Merden Gelar Aksi Sumbang Darah



BANJARNEGARA – Sebanyak 46 kantong darah berhasil dikumpulkan pada kegiatan donor darah sukarela yang dilaksanakan di PKU Muhammadiyah Merden pada Rabu 15 Juni 2022.

Antusias masyarakat terlihat sejak pagi dimana kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu rangkaian memperingati hari donor darah sedunia tahun 2022.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto mengatakan, PKU Muhammadiyah Merden merupakan salah satu kontong dan kelompok donor darah sukarela yang aktif dan menjadi binaan PMI.

“Kali ini menjadi spesial karena bertepatan dengan momen hari donor darah sedunia yang setiap tahun diperingati dengan berbagai aksi donor kemanusiaan,” ujarnya.

Dengan mengambil tema mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, pihaknya mengajak masyarakat untuk bergabung menjadi pendonor darah sukarela untuk menyelamatkan sesama.

“Banyak manfaat yang kita ambil ketika menjadi pendonor darah sukarela, baik untuk pendonor dan terlebih untuk pasien,” lanjutnya.

Beberapa manfaat yang didapat diantaranya mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Selain itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amalia Desiana dalam momentum hari donor darah sedunia menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk terus berbuat dan tidak berhenti menebar kebaikan.

“Slogan setetes darah anda adalah nyawa bagi mereka sangat akrab ditelinga kita, untuk itu mari bersama PMI kita terus bersinergi untuk berbuat lebih kepada orang lain yang membutuhkan,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan penghargaan serta apresiasi kepada kelompok-kelompok donor dan masyarakat Banjarnegara yang dengan rutin serta ikhlas terus mendonorkan darahnya melalui PMI.**alw

Posting Komentar

0 Komentar