SRIKANDI TIM SIBAT LAWEN GELORAKAN PERILAKU HIDUP SEHAT



Banjarnegara (23/9) – Gerak cepat terus dilakukan oleh Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum dalam Program percepatan dan penguatan respon pandemic Covid 19 yang merupakan dukungan dari PMI Pusat dan KOICA (Korea International Cooperation Agency). Berbagai cara dan upaya serta Inovasi dilakukan tentunya dengan melibatkan berbagai pihak serta element masyarakat tak terkecuali adik adik sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa, dengan menerjunkan Tim Srikandi Tangguh (perempuan Sibat Lawen). 
Ketua Tim Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Adhe Benny Araneta mengatakan, berbagai kegiatan inovatif dan kreatif disiapkan untuk menyasar adik adik sekolah baik tingkat SD dan SMP yang berada diwilayahnya. “edukasi dan sosialisasi tentang pengetahuan PHBS dan Cegah Covid 19 kami siapkan dengan metode games menarik, tak lupa juga aplikasi permainan Covid Fighter yang berbasis android juga kami kenalkan kepada adik adik” paparnya. 
Kegiatan sosialisasi, promosi kesehatan dan edukasi dilakukan di beberapa sekolah seperti SDN 1, 2, 3 Lawen, SMPN 2 dan 3 Satap Pandanarum serta SDN 2 Pingitlor. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan penyemprotan disinfectan menggunakan bahan Eco Enzym ramah lingkungan diseluruh sekolah dan beberapa fasilitas umum seperti Pasar Lawen, Masjid, Mushola dan Balai Desa.
Sementara itu Koordinator Kegiatan Promkes Sisil Rahayu mengatakan, diterjunkannya Tim Srikandi Sibat ini diharapkan dapat optimal memberikan peran serta dalam upaya mencetak generasi muda yang sehat, cerdas, tangguh dan berkualitas. “perempuan lebih dekat dengan anak anak, sehingga bahasa yang disampaikan biasanya akan lebih mengena dan bermakna karena sifat keibuan yang dimiliki “ paparnya. Tak sedikit dari siswa juga bercerita dan curhat tentang kebiasaan yang harus dirubah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terlebih dimasa pandemi covid 19 yang saat ini masih terjadi. 
Dalam kesempatan tersebut, siswa diajarkan bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun, penerapan 5M, edukasi sekolah ramah anak dan ramah lingkungan, tips aman disekolah, tak lupa pula Tim Sibat juga membagikan masker serta bingkisan kepada seluruh peserta sebagai bentuk kasih sayang serta penerapan protokol kesehatan.**alw

Posting Komentar

0 Komentar