RELAWAN DESA DIBEKALI KETRAMPILAN SURVELAINS BERBASIS MASYARAKAT


Banjarnegara (29/8) – Keberadaan Relawan PMI yang berada di Desa atau yang lebih dikenal dengan Tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) memili peran yang sangat penting untuk memutus mata rantai penularan Virus Covid 19. Untuk itu, berbagai skill dan ketrampilan yang didukung dengan sarana dan prasarana yang mumpuni harus dimiliki, sehingga memastikan derap langkah yang dilakukan berjalan sesuai SOP sekaligus memastikan relawan dalam keadaan aman saat bertugas dilapangan.
Hal tersebut dikemukakan oleh Pengurus Bidang Organisasi Rujiman, S.Pd mewakili Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara saat Orientasi Pembekalan Survelains Berbasis Masyarakat sebagai aplikasi dari Program Penguatan dan Percepatan Respon Penanganan Covid 19 berbasis Masyarakat dukungan PMI Pusat dan KOICA (Korea International Cooperation Agency) bagi Tim Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum.”Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada semua fihak yang telah mendukung pelaksanaan Program KOICA ini agar berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang terbaik bagi masyarakat sekitar” paparnya. 
Relawan sebagai garda depan pelayanan kemanusiaan yang didalamnya termasuk Tim Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum sekaligus sebagai penerima program KOICA ini diharapkan dapat menyerap dan mengimplementasikan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik yang nantinya bermuara pada penyiapan kader handl dan berkualitas sekaligus sebagai survelains ditengah masyarakat yang menyerap segala informasi yang ada, masuk kesemua segmentasi usia atau  kelompok dan simpul simpul yang ada di sekitarnya untuk mendeteksi dan menggali informasi yang berkembang sebagai langkah percepatan penanganan covid 19.
Fasilitator Puskesmas Pandanarum Widi Rahayu, S.Tr, Keb saat menyampaikan materi 3 T ( Test, Tracing dan Treatment) mengatakan Tim Sibat dicetak untuk menjadi Tracer, atau petugas yang melakukan pelacakan kontak erat. “peran mereka kami harapkan optimal dalam rangka bersinergi dan membantu pemerintah dalam rangka percepatan penanganan kasus Covid 19” ujarnya. Tim Sibat diharapkan memberikan Informasi yang benar terkait Covid 19, termasuk pentingnya karantina dan Isolasi mandiri, memberikan edukasi dan pemantauan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri dengan secara periodic memantau dan menanyakan kondisi kesehatanya untuk dilaporkan kepada petugas Puskesmas. 
Dalam Orientasi Pembekalan materi Survelains Berbasis Masyarakat tersebut, peserta diberikan berbagai ketrampilan dan materi seperti Pengantar Survelains Berbasis Masyarakat, Studi Kasus Masyarakat, Psikological First Aid, Peran Relawan dan Pengenalan Rumor.**alw

Posting Komentar

0 Komentar