WARGA ANTUSIAS LAKUKAN PEMIPAAN (WASH Program)

Warga Antusias Pasang Pipa Air
-Lanjutan Program WASH-

KARANGKOBAR - Setelah menyelesaikan pembangunan bak penampungan air bersih, PMI Banjarnegara melanjutkan program Water Sanitation and Hygiene (WASH) di Desa Purwodadi Kecamatan Karangkobar dengan pemasangan pipa air.

Koordinator program WASH PMI Banjarnegara, Hery Yulianto, mengatakan, sebelum dilakukan pemasangan pipa terlebih dahulu dilakukan pengecekan jalur serta pengukuran keseluruhan lintasan yang akan dipasangi pipa utama.

Hasil pengukuran didapatkan angka 973 meter untuk panjang pipa utama yang diperlukan dari reservoir atau bak penampungan menuju perkampungan. Adapun rumah yang akan mendapat manfaat dari program itu sebanyak 194.

''Pada tahap kedua ini masyarakat sangat antusias membantu relawan atau petugas PMI di lapangan sehingga pekerjaan berjalan cepat,'' ungkapnya.

Kepala Markas PMI Banjarnegara, Edi Purwanto, mengatakan, pada tahap kedua pihaknya mencoba merangsang masyarakat agar berperan serta aktif dalam program WASH.

''Pipa utama saluran air bersih kami sediakan dan masyarakat akan menyambung sendiri ke rumah mereka. Upaya tersebut sebagai stimulan agar masyarakat sadar pentingnya ketersediaan air bersih di rumah,'' ujarnya.

Terpadu

Ketua PMI Banjarnegara, Setiawan, mengatakan, penerapan program WASH tersebut diharapkan terpadu dan menyeluruh menangani berbagai masalah yang berhubungan dengan air, sanitasi serta pengolahan sampah atau limbah.

''Promosi kesehatan terus dilakukan di dua desa sebagai pilot project. Yakni Desa Sirukem Kecamatan Kalibening dan Desa Purwodadi Kecamatan Karangkobar dengan menggunakan beberapa metode sesuai iklim dan kultur setempat,'' jelasnya.

Pelibatan masyarakat dari berbagai tingkatan usia, komunitas serta kalangan terus digenjot dengan optimal. Diharapkan mereka mampu menjadi pelopor promosi kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

''Target 1.500 jiwa sesuai dengan sasaran program awal yang ditentukan oleh Korean Red Cross melalui PMI pusat diharapkan akan terpenuhi. Antara lain meliputi ketersediaan akses jamban sehat, sanitasi, air bersih dan pengolahan sampah atau limbah sesuai prosedur dan standar yang ditentukan,'' pungkasnya.**Alwan

Posting Komentar

0 Komentar