RELAWAN PMI DILATIH PERTOLONGAN PERTAMA (Persiapan Arus Mudik 2016)




Sukarelawan PMI Berlatih Pertolongan Pertama
-Persiapan Arus Mudik-

BANJARNEGARA - Para sukarelawan PMI Banjarnegara kembali disegarkan ingatan dan kemampuannya mengenai pertolongan pertama pada korban kecelakaan maupun orang yang sakit dalam perjalanan.

''Kami mempersiapkan sukarelawan yang akan bertugas di pos pengamanan dan pos pelayanan arus mudik dan balik jelang Lebaran. Seperti biasa, PMI Banjarnegara menyiagakan personil di pos pam terminal induk bersama polisi dan juga membuka pos pam di markas PMI Banjarnegara,'' ungkap Kepala Markas PMI Banjarnegara, Edi Purwanto.

Selain itu, pengelola sejumlah objek wisata juga meminta personel sukarelawan PMI untuk pertolongan pertama. Biasanya pada libur pekan Lebaran, pengunjung akan membeludak.

''Sebenarnya bukan latihan pada umumnya, ini hanya sekadar penyegaran kembali akan pengetahuan dasar dan lanjutan. Persertanya merupakan sukarelawan yang baru dan yang sudah aktif lama,'' imbuhnya.

Pelatihan selama tiga hari sejak Rabu (22/6) hingga Jumat (24/6) tersebut diikuti oleh 28 peserta. Adapun anggota korps sukarelawan PMI yang lainnya masih bertugas di Purworejo untuk penanganan masa darurat bencana longsor.

Penekanan materi latihan itu yakni pada penanganan kegawatdaruratan pada korban kecelakaan dan kegawatdaruratan medis. Peserta diingatkan kembali terkait dengan penilaian keadaan lokasi kejadian sebelum memberikan pertolongan.

''Dianalisis dahulu apakah lokasi kejadian aman atau tidak, kemudian melakukan penilaian diri terkait korban. Misalnya sadar atau tidak, bernafas atau tidak, pendarahan atau tidak,'' ujarnya.

Selanjutnya, melakukan penilaian fisik seperti tanda-tanda vitalnya bagaimana, melakukan pemantauan berkala secara intensif, penyegaran pengetahuan anatomi, fisiologi dan lainnya.

Juga materi tentang manajemen ambulans, pertolongan pertama dan teknik pemindahan korban ke dalam kendaraan ambulans yang benar.

''Meski sudah melakukan pelatihan selama tiga hari dan kami nilai anggota korps sukarelawan PMI siap bertugas di pos pam, namun kami berharap situasi aman dan lancar. Tidak ada kecelakaan dan kejadian luar biasa lainnya,'' pungkasnya.**Alwan

Posting Komentar

0 Komentar