PMI Siapkan Program Sekolah Siaga Bencana

PMI SIAPKAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA

PMI Kabupaten Banjarnegara tahun ini menyiapkan program sekolah siaga bencana yang merupakan penjabaran dari program Ayo Siaga Bencana. Program Sekolah Siaga Tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman, pengertian dan aplikasi nyata kepada peserta didik di sekolah mengingat Banjarnegara merupakan Kabupaten yang tergolong rawan bencana.
Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, program Sekolah Siaga Bencana tahun ini merupakan terobosan baru yang akan menjadi pelopor PMI dalam menggerakkan PMR dan siswa dilingkungan sekolah untuk belajar bersama dan memahami tentang bencana alam. “ tahun ini kita menargetkan lima sekolah setingkat SMA/SMK yang akan menjadi sasaran program dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan olah raga serta beberapa institusi lain “ ujarnya. lebih jauh dia menjelaskan, pemilihan dan penunjukan sekolah yang akan menjadi sasaran program nantinya akan dibahas dan ditentukan  lebih lanjut yang didasari dengan karakteristik serta potensi bencana yang bisa timbul diwilayahnya.
Untuk mendukung terlaksananya program Sekolah Siaga Bencana, PMI Kabupaten Banjarnegara kemarin melakukan Studi Banding ke PMI Kabupaten Cilacap yang telah terlebih dahulu melaksanakan program serupa yang diaplikasikan di 15 sekolah setingkat SMA/SMK yang didukung oleh German Red Cross dan American Redcross. Studi banding tersebut dimaksudkan untuk mengetahui detail program serta proses manajement dan aplikasinya dilapangan. Dalam studi banding tersebut juga dilakukan kunjungan, monitoring, pengamatan dan analisis program di SMKN 2 Cilacap dimana sekolah tersebut telah melaksanakan dan menerapkan program Sekolah Siaga Bencana binaan PMI kabupaten Cilacap.
Edukasi dini
Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara Edi Purwanto mengatakan, meski baru pertama kali akan dilaksanakan, pihaknya optimis pelaksanaan program tersebut akan berjalan sesuai rencana mengingat saat ini beberapa sekolah telah dikenalkan dengan program Ayo Siaga Bencana. “ dalam pelaksanaan dan aplikasi dari program Sekolah Siaga Bencana ini dititik beratkan pada edukasi dini siswa terhadap kemungkinan bencana yang terjadi sewaktu waktu “ ujarnya. Selain itu Keberadaan PMR di sekolah nantinya akan diberlakukan sebagai Satgas Peduli Bencana yang telah dibekali dengan 7 materi dasar PMR yang ditambah dengan materi Sekolah Siaga Bencana beserta sistem, manajement, organisasi,  dan perlengkapannya.
Dengan edukasi tersebut, diharapkan siswa nantinya dapat mengenal bahaya, bencana, kesehatan, kerentanan, kapasitas, dan resiko kemungkinan yang terjadi di sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Koordinasi lintas sektoral, kerja sama serta pemahaman yang sama antara seluruh warga sekolah harus padu dan seiring sejalan, sehingga Program Sekolah Siaga Bencana tersebut tepat sasaran, efektif sefisien.
Tahapan awal pelaksanaan Program tersebut, dalam waktu dekat ini akan diadakan pelatihan Fasilitator yang terdiri dari Pelatih, Pembina PMR, Korps Sukarela dan Relawan Peduli Bencana Alam. (alwan)


Posting Komentar

0 Komentar