KEBUTUHAN TROMBOSIT AKAN TERPENUHI
Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Banjarnegara belum lama ini menambah alat baru yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, memisahkan komponen darah serta menghasilkan trombosit.
Direktur Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto mengatakan, pengadaan alat baru senilai 500 Juta tersebut merupakan implementasi dari dana hibah pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang diaplikasikan kepada kebutuhan mendesak saat ini. “ dengan alat baru yang bernama Refegerated Centrivuge ini diharapkan akan menunjang kinerja kita secara maksimal sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat “ ujarnya.
Lebih jauh dia menjelaskan, dengan keberadaan alat ini nantinya UTD PMI akan mampu memisahkan komponen darah secara detail, membuat trombosit dan cairan darah siap saji dalam waktu singkat 30 menit. “ selama ini jika ada permintaan trombosit dan komponen darah lain secara detail kami melalui beberapa tahapan dengan cara diendapkan, bahkan masih mengadakan dari UTD PMI kabupaten lain “ paparnya.
Untuk menunjang kinerja alat baru tersebut, pihaknya juga mengadakan alat pendukung lainnya seperti neraca atau centrivuge balance yang berfungsi untuk menimbang kantung darah serta alat penyimpan trombosit atau Agiator Trombosit yang bersuhu khusus 22 derajat dengan sistem penyimpanan bergoyang.
Peningkatan Layanan
Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, tahun ini pihaknya bertekad meningkatkan pelayanan dalam berbagai sisi kemanusiaan dan tanggap darurat lainnya sesuai dengan Fungsi dan tugas pokok PMI sekaligus amanat musyawarah kerja beberapa waktu lalu. “ penguatan layanan yang berbasis masyarakat terus kita tingkatkan dengan harapan masyarakat dapat menikmati secara langsung tentang keberadaan PMI serta apa saja yang bisa kita perbuat sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada public “ ujarnya.
Untuk menunjang kelancaran tugas dan pelayanan kepada masyarakat tentang fungsi dan kinerja alat baru tersebut, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menugaskan beberapa petugas analisis UTD untuk melakukan magang dan observasi dalam bidang manajement dan pengelolaan teknis di UTD Pembina PMI Kabupaten tetangga. (alwan)




Posting Komentar

0 Komentar