PMI BUKA POSKO SIAGA BENCANA 24 JAM
Memasuki musim hujan dengan intensitas yang tinggi, PMI Kabupaten Banjarnegara membuka posko siaga bencana 24 jam untuk memantau dan melakukan mobilitas serta pelayanan kepada masyarakat terkait situasi tanggap darurat yang bisa terjadi sewaktu waktu.
Kepala Markas PMI Kabupaten Banjarnegara Edi Purwanto mengatakan, Posko layanan darurat tanggap bencana tersebut dibuka sampai batas waktu yang tida ditentukan. “ kami menyiagakan personel Relawan dan KSR yang terlatih sesuai dengan spesifikasinya masing masing yang siap terjun sewaktu waktu bila terjadi kondisi darurat “ ujarnya. Ditambahkan, setiap harinya disiagakan lima personel jaga di posko yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana seperti ambulance serta kebutuhan logistic tanggap darurat bencana yang diperlukan untuk melayani masyarakat. Selain itu, dengan sistem komunikasi yang intens dibangun dengan BPBD membuat rantai informasi akan berjalan sesuai alur dan cepat tertangkap dengan baik.
Cepat Tanggap
Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, saat ini kualitas dan kecepatan respon PMI dalam menghadapai setiap situasi tangap darurat sangat diutamakan sesuai dengan tujuan utama dan prinsip penguatan layanan kepada masyarakat. “ kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh relawan yang ada dengan basic masing masing dan mereka siap terjun untuk menghadapi kemungkinan terburuk saat musim hujan ini “ paparnya. Selain itu, team Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) bentukan PMI yang tersebar diseluruh wilayah juga siap untuk membangun komunikasi dan jejaring dengan masyarakat serta siap melakukan aksi terpadu bersama PMI untuk meminimalisir segala bentuk kemungkinan yang bisa terjadi.
Terkait dengan beberapa musibah seperti longsor dan angin puting beliung yang belum lama ini terjadi di beberapa wilayah seperti di slimpet, kalibening dan kelurahan wangon, respon tanggap juga langsung diberikan diantaranya dengan menerjunkan team assessment untuk mendata seluruh kejadian, penyaluran paket logistic embako dan team evakuasi yang bersama masyarakat membaur untuk bersama sama melakukan langkah pembersihan lokasi kejadian.
“ kecepatan responsive akan selalu kami utamakan untuk kepentingan masyarakat, karena hal tersebut merupakan salah satu jawaban dan pertanggung jawaban kami kepada masyarakat terhadap  kinerja dan sumbangan dana yang selama ini disalurkan melalui Bulan Dana PMI “ paparnya. (alwan)

Posting Komentar

0 Komentar