FORPIS BERBAGI

TUMBUHKAN KEPEKAAN SOSIAL DENGAN BERBAGI

Berbagai upaya dilakukan untuk mengisi Bulan ramadhan, salah satunya yakni yang dilakukan oleh Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) unit markas Cabang PMI Banjarnegara yang beranggotakan PMR dari pangkalan SMU/SMK MA, yakni dengan berbagi dengan kaum duafa serta ngabuburit dengan menjajakan tajil guna sumbangan kemanusiaan. Ketua Forpis Banjarnegara Agustianingsing mengatakan, kegiatan tersebut baru pertama kali digelar pada tahun ini dan mendapat antusias yang tinggi dari para anggota. Dengan mengusung konsep peduli sesama dengan berbagi, puluhan anggota forpis menjajakan menu tajilan Buka puasa di tengah keramaian seperti SPBU, tepi jalan dan masuk kepemukiman warga hingga sekolah. “ menu tajil yang kami jajakan beragam seperti Kolak pisang, keripik tales, bubur sum sum yang merupakan hasil kreasi kami  sendiri “ ujarnya. Satu pack kolak pisang dan bubur sum sum dijajakan dengan harga 5 ribu rupiah, sedangkan untuk kripik tales hanya dua ribu.
Lebih jauh dia menjelaskan, ide dari kegiatan tersebut merupakan bentuk spontanitas untuk mengisi waktu libur sekolah selama ramadhan, sedangkan modal awal juga diperoleh dari kas iuran anggota. rata rata dalam satu hari bisa terkumpul uang mencapai 200 ribu rupiah. Uang dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dikumpulkan selama satu bulan dan akan didonasikan dalam bentuk kegiatan bhakti sosial ramadhan kepada anak anak yatim piatu dan kepada yang membutuhkan dalam wadah kemanusiaan dengan bentuk sembako dan paket lebaran. 
Agen perubahan
Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan, berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya selama tahun ini akan digelar dengan bentuk dan metode bervariasi. Hal tersebut selain untuk merangsang kreaititas dan ide juga sebagai sarana untuk mengoptimalisasi peran generasi muda sebagai agen perubahan untuk melakukan aksi nyata peduli sosial kemasyarakatan. “focus utama PMI adalah misi kemanusiaan dimanapun dan kapanpun serta dalam wadah apapun semoga ditahun ini bisa kita manfaatkan dengan baik, terutama selama ramadhan ini “ ujarnya. Menurutnya, keberadaan Forpis juga sangat dibutuhkan terutama untuk kalangan PMR dan sekolah yang diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dan bhakti sosial ditengah masyarakat. selain itu, masa remaja biasanya semangat berbagi sangatlah tinggi yang diharapkan juga mampu memotifasi teman temanya agar ikut berbagi untuk kemanusiaan. (alwan)

Posting Komentar

0 Komentar